Sabtu, 23 April 2011

Sekilas Tentang Sudut “TEMBANG BATIN” Blitar


Bismillah…
SEKILAS TENTANG SUDUT “TEMBANG BATIN” BLITAR
Oleh : PONDOK MENTAL MUSLIM / PADEPOKAN “TEMBANG BATIN” BLITAR
Dalam suatu masa sosok manusia sibuk mencari keseimbangan berkehidupan sosial dengan mengikuti budaya aneka warna, suatu penyandang dari berbagai macam prestasi ketenaran merupakan tumpuan untuk dijadikan acuan meraih cita.                                                                      
Tak pandang lelah dan kebosanan, berbagai upaya telah ditempuh hanya sekedar hendak menempatkan posisi pribadinya mengikuti trend masa, mengarah pada kehidupan glamor penuh pernik permata duniawi.
Tentu sangatlah riskan atas kesenjangan norma-norma akhlaq mulia yang secara paksa terbungkam keganasan peradapan ala rimba.
Tak peduli lagi mereka, suara pekik dan rintih nurani berdemo memulihkan kembali keseimbangan dari kebrutalan dan kekacau balauan sosial.
Oleh karenanya Pondok Mental Muslim / Padepokan “Tembang Batin” Blitar merupakan wadah pendadaran mental dan spiritual bak Kawah Candradimuka yang mengupas berbagai macam pola kehidupan dengan tinjauan berbagai segi dan posisi. Berdiri diantara lembaga keilmuan yang turut menegakkan masyarakat berbangsa dan bernegara, menjunjung tinggi nilai-nilai norma, mengacu dari jiwa bertaklaqul karimah serta bernuansakan dua kehidupan fana serta kekal, selayaknyalah upaya pelestarian dan peningkatannya menciptakan prospek cerah bagi masyarakat majemuk, mencapai keseimbangan sosial, terpandu dalam gerak mantap dan terarah.
Pondok Mental Muslim / Padepokan “Tembang Batin” Blitar salah satu diantara ribuan pondok sepuh, pula tak layak untuk diabaikan. Dengan ciri khas Salafiy, Pondok Mental Muslim / Padepokan “Tembang Batin” Blitar tetap tegar dalam melangkah, telah menelorkan putra-putra bangsa yang berpotensi. Menjamur diberbagai pelosok negeri, maupun diberbagai negara lain, menyematkan nilai-nilai agama disela-sela nurani masyarakat, mengembangkan jiwa kebangsaan sebagai manifestasi ketho’atan pada Sang Kholiq.
Ibarat setangkai kembang semerbak mewangi meliputi perjalanan. Mendongak manis meliputi kumbang, hendak menaburkan putik kembangkan tunas-tunas muda menghias kegelapan.
Semua santri di pandu para Mu’alimin penyayang. Memulai perjalanan menapaki alur langkah yang pasti, demi terwujud sebuah jawara muda pemegang estafet keabadian agama. Tugas mulia yang suci terlaksana dengan penuh kasih sayang menyusup kalimah tauhid kedalam jiwa yang lapang. Mencokolkan rasa cinta akan kebenaran dalam beragama.
Dalam rangka untuk memperkuat organisasi perlu ditingkatkan Ukhuwah Islamiyah Basyariyah dan Wathoniyah. Hal tersebut diperlukan untuk mewujudkan masyarakat yang adil, mandiri dan berperadapan.
Dalam kesempatan kali ini Keluarga Besar Pondok Mental Muslim / Padepokan “Tembang Batin” Blitar memberikan kesempatan kepada siapapun yang beri’tikad baik untuk membangun satu atau dua kamar pemukiman santri di lahan Tembang Batin tersebut, kami persilahkan. Hal ini juga sudah mendapat sambutan positif dari para masyarakat sekitar, mereka mendukung atas persembahan Pondok Mental Muslim / Padepokan “Tembang Batin” Blitar kepada masyarakat untuk mengembangkan pembinaan mental dan spiritual khususnya generasi muda yang pada saat ini sudah sangat diperlukan.
Harapan berkah semoga tetap terus mengalir menghidupi langkah kita ditengah masyarakat dan berikutnya kita bisa bertemu dan berjumpa dalam waktu yang sama.
Demikian, kami uraikan perjalanan singkat gambaran sekilas tentang salah satu sudut Tembang Batin mengantarkan sekelompok santri menyeleseikan peringkat pembinaan.
TTD

KELUARGA BESAR PONDOK MENTAL MUSLIM
PADEPOKAN “TEMBANG BATIN” BLITAR